Seni & Budaya: Persamaan Sulug & Minang

Posted by DZULASREE @ Asree Sug on Sunday, August 22, 2010 0 ulasan

Video di atas penyanyi mendendangkan lagu dengan gesekan biola yang diterbalikkan seolah-olah menggesek biola Erhu China.

Orang Minang atau masyarakat Padang hari ini masih mengekalkan budaya menyanyi atau mendendangkan syair dan berbalas-balas pantun dengan diiringi oleh gesekan biola atau yang mereka panggil sebagai Rabab. Disamping itu juga mereka masih mengekalkan kibaran panji atau Sambulayang sebagaimana Sulug di kepulauan Sulu.

KESENIAN TRADISIONAL
  • BATOMBE: Batombe adalah Tradisi yang hanya ada di Kabupaten Solok Selatan. Tradisi ini berupa berbalas pantun yang diiringi dengan alat musik tradisional Rabab. Batombe biasanya dilakukan oleh muda-mudi. Dalam pantun, mereka saling mengutarakan isi hati mereka. Tradisi Batombe ini biasanya dilaksanakan selama 7 malam bersamaan dengan kegiatan Baralek. Lokasi : Terletak di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, sekitar 40 Km dari Ibu Kota Kabupaten, Padang Aro.
  • GANDANG SARUNAI: Gandang Sarunai merupakan salah satu kesenian Tradisional yang ada di Solok Selatan. Sesuai dengan namanya, Gandang Sarunai merupakan perpaduan musik Serunai, Saluang, Gendang dan diiringi oleh Talempong.
  • RANDAI: Seperti Halnya Kesenian Tradisional lainnya, Randai juga merupakan Kesenian Tradisional Minangkabau yang masih tetap dilestarikan. Melalui Sanggar-sanggar Kesenian yang ada di Kabupaten Solok Selatan, Kesenian Tradisional Randai akan tetap terjaga keberadannya.
SOLOK DAERAH PENGHASIL BERAS
Dengan areal sawah yang cukup luas Solok Selatan merupakan salah satu daerah pengahasil beras di Sumatera Barat. Jika dipasaran kita mengenal beras Solok maka berkemungkinan besar beras solok itu juga berasal dari Solok Selatan (Beras Muaralabuh).

Dipetik dari laman web Indonesia http://bisnisukm.com/potensi-pariwisata-kabupaten-solok-selatan-sumatera-barat.html.


Di sumatra Barat terdapat jenis beras yang terkenal sedap yang dipanggil beras Solok. Kalau di Pulau Flores terdapat Jagung Solok yang dibawa oleh orang-orang Sulug dari kepulauan Sulu. Menurut catatan China Jagung pertama kali dibawa ke China oleh orang-orang Sulug dari kepulauan Sulu sebelum abad ke-12.

Post a Comment